Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 5,98 Triliun untuk Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran di Jabar

BANDUNG, KOMPAS.com - Bank Mandiri Region VI/Jawa Barat menyiapkan kebutuhan uang tunai selama Ramadhan dan Idul Fitri Rp 5,98 triliun.

Uang tersebut untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat di Jawa Barat selama 12 Maret sampai 16 April 2024.

Regional CEO Bank Mandiri Region VI/Jawa Barat Nila Mayta Dwi Rihandjani mengatakan, jumlah net kebutuhan uang tunai tersebut hanya naik 0.08 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Nila mengungkapkan, sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai tersebut digunakan untuk memenuhi pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi mencapai Rp 4,4 triliun selama periode Lebaran (12 Maret sampai 16 April 2024).

"Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami mengoptimalisasi pengisian 1.192 mesin ATM/CRM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak awal bulan ini hingga saat libur Lebaran,”beber Nila.

Selain mesin ATM, Bank Mandiri mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri.

"Kami akan mengoptimalisasi kapasitas super app agar tetap dapat memberikan layanan prima pada saat puncak transaksi, termasuk layanan BI Fast yang kini menjadi pilihan utama nasabah dalam pengiriman dana,” jelasnya.

Sedangkan langkah preventive maintenance akan dilakukan pada 307 ATM dan 2.775 EDC yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di lokasi strategis seperti rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata.

Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta, pesawat, sampai tempat wisata melalui fitur Sukha pada super app ini.

Nila menjelaskan, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

https://money.kompas.com/read/2024/04/03/154014426/bank-mandiri-siapkan-uang-tunai-rp-598-triliun-untuk-kebutuhan-ramadhan-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke