Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertamina Beri Sanksi Pegawai yang Videonya Viral Parkir Sembarangan dan Meludah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) buka suara terkait salah satu pegawai anak usahanya, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), yang memarkirkan mobil di tengah jalan dan meludah ke arah penumpang di mobil belakangnya.

Video yang menunjukkan perilaku pegawai KPI bernama Arie Febriant tersebut viral di media sosial.

Terkait hal tersebut, Corporate Secretary KPI Hermansyah Y Nasroen mengatakan, perusahaan telah menindaklanjuti secara internal kejadian yang melibatkan salah satu pekerjanya.

"Saat ini yang bersangkutan telah dibebastugaskan dari jabatannya untuk mempercepat proses penjatuhan sanksi atas perilaku yang tidak memperhatikan sopan santun dan etika berperilaku di masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (7/4/2024).

Hermansyah bilang, skors yang diberikan bertujuan untuk mempermudah pelaksanaan pemeriksaan sehingga yang bersangkutan dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan dan peraturan perusahaan. 

Menurutnya, dalam kehidupan sehari-hari pekerja KIP selalu diwajibkan menjaga perilaku sesuai dengan tata nilai AKHLAK, termasuk menjaga kesopanan dan etika saat berperilaku.


"Pertamina senantiasa mengedepankan perilaku yang beretika serta tidak mentolerir tindakan yang tidak sesuai hukum dan etika. Untuk itu, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," kata Hermansyah.

Sebelumnya, dalam video viral yang diunggah akun Instagram @kabarbintaro, Arie memarkir mobilnya yang berjenis Honda HR-V di tengah jalan. Insiden ini terjadi di daerah Petukangan Utara, Jakarta Selatan (Jaksel).

Dalam video tersebut, Arie disebutkan sudah berhenti dua kali di tengah jalan untuk membeli takjil. Saat berhenti pertama, dia tidak keluar mobil dan tidak menyalakan lampu peringatan berhenti alias hazard.

Kemudian saat berhenti kedua, dirinya turun dari mobil, tetapi tidak meminggirkan mobil sama sekali. Saat ditegur oleh pengendara lain, Arie justru marah dan meludah ke penumpang mobil lain.

"Yang kedua dia berhenti dan klaksonin sekali, terus dia turun dari mobil dengan posisi yang di video pas turun dia ngeliatin sambil melotot," tulis akun @kabarbintaro dikutip pada Minggu (7/4/2024).

https://money.kompas.com/read/2024/04/08/070000426/pertamina-beri-sanksi-pegawai-yang-videonya-viral-parkir-sembarangan-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke