Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiru India dan Thailand, Pemerintah Bakal Beri Insentif ke Apple jika Bangun Pabrik di RI

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan memberikan insentif kepada Apple bila mereka berinvestasi membangun pabrik di Tanah Air.

Ia mencontohkan, pemerintah akan memberikan bebas biaya masuk barang.

Luhut mengatakan, Apple tertarik untuk berinvestasi di sektor kecerdasan buatan atau AI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Bali, dan Solo.

"Jadi kita ditiru aja apa yang dibuat oleh India, apa yang dibuat oleh Thailand, nanti kita pelajari tentu kita adjust kiri kanan agar sesuai dengan aturan-aturan kita," sambungnya.

Luhut mengatakan, Apple tertarik untuk berinvestasi di Indonesia melihat kondisi pertumbuhan ekonomi, bonus demograsi, dan down streaming industi di Tanah Air yang membaik.

"Dan downstreaming industri yang kita miliki sekarang ini, dengan Hilirisasi ini, dan raw material yang kita miliki dan mereka melihat Indonesia itu sebagai negara yang sangat baik," ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan, Tim Cook juga akan menambah satu fasilitas Apple Developer Academy di Bali setelah sebelumnya sudah tersedia di Surabaya, Batam, dan Tangerang.

"Ini melihat pertumbuhan ekonomi yang stabil dengan kondisi makroekonomi dan tingkat inflasi yang terjaga baik, apalagi dengan bonus demografi yang masih akan terus berkembang sampai tahun 2030," ucap dia.

Sebelumnya, CEO Apple Tim Cook mengatakan, Indonesia merupakan pasar yang sangat penting untuk perusahaannya.

Hal itu disampaikan Cook usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

"Indonesia merupakan pasar yang sangat penting untuk kami (Apple)," ujarnya.

Menurut Cook, dalam pertemuan dengan Jokowi ia membahas komitmen pembangunan di Indonesia.

Salah satunya pembangunan lewat investasi di bidang teknologi. Khusus untuk Apple sendiri, Cook melaporkan ke Jokowi soal pembukaan infrastruktur pendidikan keempat (Apple Developer Academy) di Bali.

https://money.kompas.com/read/2024/04/18/154200026/tiru-india-dan-thailand-pemerintah-bakal-beri-insentif-ke-apple-jika-bangun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke