Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BEI: Eskalasi Konflik Israel-Iran Direspons Negatif oleh Bursa

“Peningkatan eskalasi konflik antara Israel dan Iran direspons negatif oleh bursa-bursa di kawasan Asia termasuk Indonesia yang (pada sesi pertama) turun 1,82 persen,” kata Irvan.

Irvan mengatakan, pelemahan tidak hanya terjadi pada bursa Indonesia saja, tapi juga Filipina, Thailand, Jepang, dan Vietnam. Data bursa mencatat hampir seluruh bursa Asia mengalami penurunan antara -0,4 persen hingga -3,31 persen.

“Artinya ada beberapa bursa yang turun lebih dalam dari Indonesia seperti Filipina (-1,71 persen), Vietnam (-1,93 persen), Thailand (-1,81 persen) dan Jepang (-2,54 persen),” ujarnya.

Walau mengalami penurunan tajam pekan ini, Irvan optimistis dalam menyikapi fenomena yang ada saat ini. Dia berharap konflik tersebut tidak menimbulkan perang terbuka antara kedua negara.

Saat ini, BEI juga terus memantau setiap perkembangan konflik dua negara tersebut.

“Kita harus selaku optimis menyikapi fenomena yang ada. Akan tetapi kita belum tahu seperti apa kelanjutan pertikaian antara Israel dengan Iran ini,” kata Irvan.

Sebelumnya, Iran pada Jumat (19/4/2024) mengaktifkan sistem pertahanan udaranya di beberapa kota setelah Israel dilaporkan meluncurkan serangan balasan ke negara itu.

“Pertahanan udara Iran telah diaktifkan di langit beberapa provinsi,” lapor Kantor berita resmi Iran, IRNA.

Sementara itu, sebagaimana dilansir AFP, TV pemerintah Iran telah melaporkan adanya ledakan besar yang terdengar di dekat pusat kota Isfahan.

“Sumber berita melaporkan mendengar ledakan besar di provinsi Isfahan,” kata televisi pemerintah Iran.

https://money.kompas.com/read/2024/04/19/173100526/bei--eskalasi-konflik-israel-iran-direspons-negatif-oleh-bursa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke