Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terbit 26 April, Ini Cara Beli Investasi Sukuk Tabungan ST012

Merujuk informasi resmi Kemenkeu, masa penawaran Sukuk Tabungan seri ST012 berlangsung pada 26 April sampai 29 Mei 2024.

Sukuk Tabungan termasuk instrumen investasi yang terbebas dari risiko gagal bayar, karena nilai pokok dan kuponnya dijamin negara.

Instrumen investasi ini dikelola secara syariah, di mana pemesanan bisa dimulai dari nominal minimal Rp 1 juta dan kelipatannya.

Nilai kupon atau imbal hasil Sukuk Tabungan bersifat mengambang, mengikuti perkembangan BI 7-Days Reverse Repo Rate dengan jaminan imbalan minimal, atau dikenal dengan istilah floating with floor.

Imbalan minimal adalah tingkat imbalan pertama yang ditetapkan akan menjadi imbalan minimal berlaku sampai dengan jatuh tempo.

Sementara itu, imbalan mengambang adalah besaran imbalan sukuk tabungan yang akan disesuaikan dengan perubahan BI 7-Days Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali.

Lantas, bagaimana cara membeli Sukuk Tabungan seri ST012?

Cara beli Sukuk Tabungan ST012

Pemesanan Sukuk Tabungan bisa dilakukan secara online melalui mitra distribusi (midis) resmi yang ditunjuk oleh pemerintah.

Biasanya, pemerintah melalui Kemenkeu akan mengumumkan daftar mitra distribusi yang bisa melayani pemesanan Sukuk Tabungan ST012 saat pembukaan penawaran.

Lebih lanjut, langkah-langkah atau tata cara beli Sukuk Tabungan seri ST012 sebagai berikut:

Sebagai tambahan informasi, Sukuk Tabungan mempunyai periode atau jangka waktu tertentu sesuai yang diterbitkan oleh pemerintah.

Instrumen investasi ini tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder, sehingga tidak memiliki potensi keuntungan modal.

Sukuk Tabungan termasuk investasi likuid, sebab memiliki fasilitas early redemption yang berarti bisa dicairkan sebelum jatuh tempo.

Fasilitas ini hanya bisa dimanfaatkan investor dengan minimal kepemilikan Rp 2 juta di setiap mitra distribusi, dengan nominal pengajuan minimal Rp 1 juta dan kelipatannya dan berjumlah maksimal sebesar 50 persen dari total kepemilikan investor.

Itulah informasi mengenai cara beli investasi Sukuk Tabungan seri ST012. Untuk rincian jadwal penawaran SBN 2024 bisa diakses di sini.

https://money.kompas.com/read/2024/04/20/121100326/terbit-26-april-ini-cara-beli-investasi-sukuk-tabungan-st012

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke