Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Stasiun Karawang Belum Beroperasi Penuh, KCIC Tak Merasa Terbebani

Seperti diketahui, Stasiun Karawang telah selesai dibangun sejak Kereta Cepat Whoosh resmi melayani penumpang secara komersial pada Oktober 2023.

Namun lantaran jalan akses belum tersedia, maka stasiun belum dapat melayani untuk naik dan turun penumpang Whoosh.

Namun KCIC tetap harus mengeluarkan biaya untuk membayar listrik, petugas keamanan, petugas kebersihan, operator yang memonitoring perjalanan kereta yang melintas, dan perawatan stasiun maupun fasilitas.

Lalu, apakah biaya-biaya ini membuat KCIC menjadi terbebani? Mengingat Stasiun Karawang belum mencetak pendapatan.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, biaya-biaya yang dikeluarkan untuk perawatan Stasiun Karawang sudah diperhitungkan perusahaan.

"Enggak (bengkak biaya operasionalnya). Kita sudah hitung, kita punya perhitungan. Stasiun ini harus melakukan operasional kereta yang lewat, untuk kebersihan dan lainnya sudah ada alokasinya. Dengan ada atau tidak adanya layanan penumpang ini memang harus dirawat," ujarnya saat meninjau Stasiun Karawang, Jawa Barat, Jumat (26/4/2024).

Dia memastikan, tidak ada biaya yang tidak efisien karena jumlah pekerja yang dipekerjakan pun hanya sedikit dan sesuai dengan kebutuhan stasiun.

Kemudian, perusahaan juga menekan pengeluaran listrik dengan tidak menyalakan pendingin ruangan, lampu, lift, hingga eskalator serta tidak mengaktifkan fasilitas seperti gate, mesin penjualan tiket, hingga mesin detektor.

"Kalau diberi perbandingan petugas Stasiun Halim dan Padalarang dengan Stasiun Karawang pasti jauh (jumlahnya). Tidak ada inefisiensi dalam konteks pengeluaran karena kalau kita punya aset kita sudah berhitung ada perawatan dan ada yang menjaga," jelasnya.

Dia menambahkan, apabila Stasiun Karawang telah beroperasi penuh, tentu KCIC akan menambah jumlah petugas di stasiun ini sesuai dengan kebutuhan.

Terutama untuk petugas keamanan, mengingat posisi ini dibutuhkan lebih banyak lagi untuk mengamankan aset dan menjaga kondusifitas penumpang di stasiun.

"Kalau seperti petugas perawatan kebersihan kita outsourcing. Kalau petugas yang inti, seperti petugas operasional perjalanan kan sudah ada. Misal petugas keamanan kebersihan kita sudah ada kontrak kerja sama dengan pihak outsourcing ya tinggal dilakukan penambahan. Jasa outsourcingnya sama dengan yang siapkan di Tegalluar dan Halim," tuturnya.

Stasiun Karawang Beroperasi 2025

Pada kunjungan ke Stasiun Karawang pada Jumat kemarin, Kompas.com melihat bangunan stasiun sudah rampung pembangunannya. Hanya memang jalan akses ke stasiun masih belum memadai.

Stasiun Karawang nantinya akan memiliki tiga jalan akses, yaitu akses ke jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 42, jalan akses kawasan Trans Heksa Karawang (THK), dan jalan akses dari Kota Deltamas.

Terlihat stasiun sudah dilengkapi dengan papan petunjuk, mesin penjualan tiket, mesin detektor, gate masuk, eskalator dan lift, dan Public information display atau PID sudah terpasang.

Para petugas keamanan juga siaga menjaga stasiun serta petugas kebersihan juga terlihat membersihkan fasilitas stasiun agar tetap bersih dan dalam kondisi baik.

Kemudian ada juga pegawai KCIC bagian On Call Emergency Response and Comprehensive Controller yang memantau perjalanan Kereta Cepat Whoosh yang melewati Stasiun Karawang serta memantau kondisi stasiun dan fasilitas stasiun.

Eva bilang, meski stasiun ini belum melayani naik dan turun penumpang, namun stasiun ini tetap beroperasi mengatur operasional perjalanan kereta.

Selain itu, di Stasiun Karawang ini terdapat depo untuk armada Kereta Cepat Whoosh melakukan perawatan.

"Secara operasional Stasiun Karawang ini sudah beroperasi. Hanya saja memang belum melayani naik turun penumpang," kata Eva.

"Kenapa saya katakan secara operasional? Karena memang sudah beroperasi Stasiun Karawang ini karena ya memang pengaturan perjalanan kereta yang akan melintas itu kan perlu dilakukan. Kemudian juga kereta-kereta langsir untuk perawatan," tambahnya.

Dia memperkirakan, ketiga jalan akses Stasiun Karawang akan rampung tahun depan sehingan Stasiun Karawang bisa mulai melayani naik dan turun penumpang mulai 2025.

"Kita berharap tahun depan sudah bisa beroperasi untuk Karawang. Kita harus lihat proses pembangunan (jalan akses), nanti bisa jadi lebih cepat atau bisa jadi agak mundur sedikit. Kita harapkan mudah-mudahan bisa lebih cepat," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2024/04/27/150000026/stasiun-karawang-belum-beroperasi-penuh-kcic-tak-merasa-terbebani

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke