Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pejabat Ajak Youtuber Korsel Mampir ke Hotel, Menparekraf: Bukan Representasi Ramah-tamah Kita

Sandiaga mengatakan, tindakan tersebut bukan budaya ramah-tamah masyarakat Indonesia.

"Kita prihatin segera menindaklanjuti, ini bukan budaya masyarkat kita, ini contoh yang tidak baik dan bukan representasi dari ramah-tamah kita," kata Sandiaga dalam Konferensi Pers "The Weekly Brief with Sandi Uno" secara virtual, Senin (13/5/2024).

Sandiaga mengatakan, pejabat yang melakukan tindakan tersebut sudah layak diberikan sanksi tegas untuk memberikan efek jera.

"Ini tentunya harus diberikan sanksi yang tegas, sanksi yang ada efek jeranya," ujarnya.

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan, pihaknya memastikan bahwa berwisata ke Indonesia masih sangat nyaman dan aman, khususnya bagi solo women traveler.

"Kita sampaikan ke seluruh wisatawan masih sangat nyaman aman untuk berwisata bagi solo woman traveler," ucap dia.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang memeriksa Kepala Kantor UPB Sangia Nibandera Kolaka Asri Damuna.

Pemeriksaan dilakukan karena pejabat tersebut mengajak Youtuber asal Korea Selatan bernama Jiah main ke hotel. Kejadian ini diketahui dari potongan video yang viral di media sosial.

"Memang benar yang bersangkutan Asri Damuna, Kepala Kantor UPB Sangia Nibandera Kolaka. Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh pejabat yang berwenang di Kemenhub," ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (10/5/2024).

Adita mengungkapkan, selama pemeriksaan ini, Asri dibebastugaskan sementara dari jabatannya sebagai Kepala Kantor UPB Sangia Nibandera Kolaka.

"Yang bersangkutan sekarang sudah dibebastugaskan untuk kepentingan pemeriksaan. Sanksi nanti tergantung hasil pemeriksaan," ucap Adita.

Meski demikian, dia tidak dapat memastikan pemeriksaan akan membutuhkan waktu berapa lama.

https://money.kompas.com/read/2024/05/14/083700426/pejabat-ajak-youtuber-korsel-mampir-ke-hotel-menparekraf-bukan-representasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke