Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Waspada Melintasi Tegal-Pekalongan

Kompas.com - 25/09/2008, 11:28 WIB

PEKALONGAN, KAMIS -  Buat pemudik yang melintasi jalur Panturan, terutama di Keresidenan Pekalongan, seperti di Kabupaten Tegal, Pekalongan, dan Brebes perlu sedikit waspada. Karena di ketiga wilayah itu rawan terjadi tawuran antarwarga.

Kapolwil Pekalongan, Kombes Polisi Dewa Bagus Made Suharya di Pekalongan, Kamis (25/9) mengatakan, guna mengantisipasi tawuran, pihaknya menjaga keamanan di tiga daerah itu selama Lebaran dengan menerjunkan pasukan khusus antihuru hara dari Brimob. "Pasukan yang kami turunkan sudah optimal untuk pengamanan di wilayah pantura," katanya.

Ia mengatakan, dari tiga daerah rawan aksi tawuran tersebut, Polwil Pekalongan akan memfokuskan pengamanan di Kabupaten Brebes. Karena dari pengalaman tahun sebelumnya, di daerah penghasil bawang merah itu sering terjadi tawuran antarwarga.

"Saat arus mudik Lebaran potensi terjadinya tawuran cukup tinggi sehingga pengamanan akan kami lakukan lebih awal," katanya. Menurut dia, di Kabupaten Brebes, sedikitnya ada 10 titik rawan tawuran yang tersebar di Kecamatan Brebes, Losari, dan Tanjung. Sedangkan di Kabupaten Pekalongan di Kecamatan Bojong, Karangdadap, dan Kedungwuni.

Untuk mengantisipasi terjadinya tawuran, Polwil Pekalongan juga berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dan ulama  setempat. "Kami berharap dengan adanya tokoh masyarakat dan ulama dapat menenangkan warga dan mampu menciptakan situasi kondusif," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com