Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Iklan Parpol dan Capres Harus Diaudit

Kompas.com - 24/11/2008, 00:17 WIB

Laporan wartawan Persda Network Hasanuddin Aco

JAKARTA, SENIN  - Politisi PDI Perjuangan Maruar Sirait meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit investigasi terhadap biaya iklan kampanye partai politik (parpol) dan calon presiden 2009.

"Harus diaudit biaya kampanye terutama yang mengiklan di media massa seperti televisi. Masyarakat harus tahu darimana sumber dana yang dipakai. Jangan sampai uang rakyat yang digunakan beriklan, jadi mesti ada pertanggungjawaban," kata Maruar, Minggu (23/11).

Anggota Komisi XI (Komisi Keuangan) DPR RI ini mengatakan BPK harus agresif melakukan audit sejak dini sebab dikhawatirkan bila dibiarkan lama maka sumber dana yang dipakai untuk kampanye menjadi kabur. "Audit merata bagi siapa saja, tidak ada masalah. Saya kira rakyat perlu transparansi," katanya.

Maruar mengatakan hal tersebut mengingat maraknya iklan kampanye baik parpol maupun tokoh nasional yang hendak menyiapkan diri menjadi  calon presiden 2009. "Biaya kampanye terutama iklan televisi itu tidak sedikit jumlahnya. Harus ada pertanggungjawaban ke publik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com