Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Debet "Chip" Bank Mega Selesai 5 Tahun Lagi

Kompas.com - 09/02/2009, 16:27 WIB

JAKARTA, SENIN — Bank Mega akan merampungkan migrasi kartu kredit dengan chip akhir tahun ini. Sedangkan untuk migrasi kartu debet, diperkirakan akan memakan waktu sekitar 5 tahun mendatang.

Bank Mega mulai migrasi kartu kredit ke chip sejak 2007. "Untuk penerbitan kartu baru, semuanya sudah memakai teknologi chip, sedangkan untuk penggantian akan diselesaikan akhir tahun ini," kata Direktur Ritel Banking Bank Mega Kostaman Thayib, di Jakarta, Senin (9/2).

Sedangkan untuk migrasi kartu debet, menurut Kostaman, membutuhkan waktu yang lebih lama. Pasalnya, investasi untuk migrasi kartu debet dinilai lebih besar dibandingkan kartu kredit. "Harga kartu debet menggunakan chip bisa 5-10 kali lebih mahal dibanding magnetik biasa. Belum lagi kami harus mengganti mesin ATM nya. Jadi harapan kami migrasi debet selesai 5 tahun lagi," ujarnya.

Migrasi kartu debet diperkirakan akan menelan biaya 2 dollar AS per kartu. Untuk itu, Kostaman mengaku, pihaknya belum menghitung besaran investasi yang disiapkan Bank Mega untuk migrasi kartu debet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com