Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Sediakan Pembiayaan Infrastruktur

Kompas.com - 14/04/2009, 15:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah mendirikan PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) guna mendorong percepatan penyediaan pembiayaan infrastruktur melalui kemitraan dengan pihak swasta dan lembaga keuangan multilateral.

"Pemerintah mengharapkan SMI dapat berfungsi sebagai wakil pemerintah untuk menjadi katalis dan fasilitator dalam mengimplementasikan percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia," kata Pembina Teknis SMI sekaligus Dirjen Kekayaan Negara Depkeu Hadiyanto di sela jumpa pers di Gedung Depkeu, Jakarta, Selasa (14/4).

Untuk penyediaan pinjaman bagi pembiayaan infrasruktur yang akan diteruskan melalui PT SMI, pemerintah menjalin kerja sama dengan World Bank dan ADB masing-masing sebesar 100 juta dollar AS. Hingga kini ADB sudah berkomitmen untuk menyediakan 140 juta dollar AS yang terdiri dari 100 juta dollar AS untuk pinjaman dan 40 juta dollar AS untuk modal bagi perusahaan yang dibentuk bersama dengan PT SMI dan stakeholder lainnya.

"Nantinya SMI akan membentuk anak perusahaan, yakni Indonesian Infrastructure Finance Facility (IIFF), patungan yang dimodali PT SMI dan lembaga keuangan lainnya seperti World Bank dan ADB,"ujarnya.

Dirut SMI Emma Sri Martini mengatakan, SMI didirikan dengan kepemilikan 100 persen oleh Menkeu. Dalam pelaksanaannya, SMI akan bekerja sama dengan Kementerian Lembaga (K/L) terdekat dengan Depkeu, Bappenas, dan seluruh departemen yang terkait proyek infrastruktur. "BUMN dan BUMD akan menjadi mitra SMI," ujar Emma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com