Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Dipangkas, BI Rate Jadi 7,25 Persen

Kompas.com - 05/05/2009, 13:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia kembali memangkas suku bunga acuan Bi Rate. Kali ini BI memangkas BI Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 7,25 persen.

"Setelah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap perkembangan ekonomi dan keuangan di dalam dan luar negeri, Bank Indonesia pada hari ini memutuskan untuk menurunkan BI Rate sebesar 25 bps menjadi 7,25 persen," demikian siaran pers Bank Indonesia, Selasa (5/5).

BI menilai, gambaran dan perkembangan ekonomi global yang membaik direspons secara positif seperti terlihat dari berbagai indikator keuangan, seperti indeks pasar saham dunia, dan spread premi risiko yang menurun tajam.

Hal ini, seperti disiarkan BI, mendorong kembalinya modal masuk ke emerging markets termasuk ke Indonesia, yang berdampak pada penguatan mata uang Rupiah, peningkatan indeks harga saham gabungan dan perbaikan yield surat utang negara. "Namun, Bank Indonesia mencermati bahwa perekonomian dunia diperkirakan masih mengalami kontraksi meskipun dengan laju yang melambat," sebutnya lagi.

Bank Indonesia memperkirakan perekonomian Indonesia 2009 masih akan berada pada kisaran 3-4 persen, didukung oleh permintaan domestik yang cukup baik, disertai kinerja ekspor yang lebih baik dari perkiraan semula.

Sementara itu, inflasi 2009 diperkirakan dapat mencapai batas bawah kisaran 5-7 persen. Adapun cadangan devisa Indonesia pada akhir April 2009 meningkat mencapai 56,57 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com