Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perekonomian AS Tumbuh Semester II Tahun 2009

Kompas.com - 11/05/2009, 14:29 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Perekonomian AS diprediksi akan mulai tumbuh pada semester kedua tahun ini. Sementara itu, tingkat pengangguran diprediksi akan mencapai puncaknya pada kuartal pertama tahun 2010. Hal ini dibeberkan oleh lembaga survei yang dibikin secara keroyokan.

Prediksi konsensus dari sejumlah panelis yang disurvei melalui newsletter Blue Chip Economic Indicators untuk penghitungan pertumbuhan ekonomi di bulan Mei lalu, perekonomian akan terjungkal sebesar 2,8 persen pada tahun 2009 namun akan tumbuh 1,9 pada tahun 2010.

Kemerosotan perekonomian ini diprediksikan akan mulai melambat pada kuartal kedua tahun ini setelah menukik tajam pada kuartal keempat tahun lalu dan kuartal pertama tahun ini. Pertumbuhan ekonomi diprediksikan akan mulai terlihat pada kuartal ketiga.

Sejumlah ekonom melihat, GDP kuartal kedua tahunan akan menyusut  1,7 persen  atau 0,4 persen lebih baik ketimbang penghitungan bulan lalu.

Pada bulan April, panelis yang memprediksi GDP ini menyebut bahwa GDP akan berkontraksi 2,6 persen pada tahun 2009 dan tumbuh 1,8 persen tahun 2010.

Sementara pertumbuhan ekonomi diprediksikan tumbuh pada akhir 2009, hampir 32 persen panelis menyatakan tingkat pengangguran akan mencapai puncaknya pada kuartal pertama tahun 2010. Mereka memprediksi pucuk tingkat pengangguran akan sebesar 10 persen; bandingkan dengan hasil survei bulan lalu yang menghitung sebesar 9,8 persen. (Femi Adi Soempeno/Kontan)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com