Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mubarok: "Ending"-nya "Happy-happy" Kok

Kompas.com - 13/05/2009, 15:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Demokrat tidak merisaukan manuver empat partai politik terkait cawapres yang akan mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan, kepastian pencalonan Gubernur Bank Indonesia (BI) Boediono sebagai cawapres sudah 99 persen.

"Kita sudah tahu peta politik. Perkembangan bagaimana pun kita sudah dapat menebak arahnya," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Ahmad Mubarok dalam dialog kenegaraan bertema "Membaca Perubahan Peta Koalisi" di Gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Senayan, Jakarta, Rabu (13/5).

Dalam dialog yang dipandu Suradi dari Koran Jakarta, juga menghadirkan pembicara Anggota Fraksi PKS DPR Agus Purnomo dan Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait. Mubarok mengemukakan, sampai saat ini belum ada koalisi yang ditandai dengan tanda tangan kesepakatan atau komitmen di antara partai-partai. Yang ada baru komunikasi politik dan komitmen secara lisan mengenai koalisi yang akan dibentuk.

"Belum ada tanda tangan koalisi. Baru paraf," kata Mubarok, yang menambahkan, pihaknya terus menjalin komunikasi politik dengan jajaran Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Menurut Mubarok, dalam komunikasi politik, pihaknya berharap pengertian dan pemahaman bahwa dalam sistem presidensial, wapres dan menteri-menteri adalah hak prerogatif presiden. Sejauh ini hubungan dan komunikasi politik itu masih berjalan baik.

Karena itu, Partai Demokrat tidak mengkhawatirkan perkembangan politik terakhir yang disampaikan beberapa elite partai pendukung koalisi yang bereaksi terkait pencalonan Boediono sebagai cawapres. "Ending-nya akan happy-happy saja," kata Mubarok.

Mubarok mengemukakan, pencalonan Boediono sudah 99 persen. "Yang satu persen itu milik Tuhan. Mengapa Boediono? Itu Pak SBY yang tahu," katanya.

Agus Purnomo mengungkapkan, PKS membahas sikap yang akan disampaikan kepada Partai Demokrat terkait pencalonan Boediono sebagai wapres. "Rabu malam ini kami membahas sikap yang akan ditempuh," katanya.

Secara pribadi, Agus menilai pencalonan Boediono yang sudah 99 persen itu dengan kalimat point of no return

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com