Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedini Mungkin, Wirausaha Juga Perlu Ditanamkan

Kompas.com - 29/06/2009, 09:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai, sikap dan kemampuan wirausaha harus dibangun sedini mungkin dan meliputi generasi muda yang luas, khususnya para siswa-siswi sekolah menengah.

Demikian pendapat tersebut dilontarkan oleh mantan Menteri KLH Sarwono Kusumaatmadja saat membuka 'Annual Student Company Competition 2009' bertajuk "Wirausaha, Pilihan Karir di Masa Depan", di Jakarta, Sabtu, (27/6). Acara tersebut merupakan kompetisi wirausaha untuk kalangan siswa SMP dan SMA/Sederajat yang digelar oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI) hingga Minggu, (28/6). 

Sarwono, selaku salah satu Komisi Nasional PJI, mengaku sangat gembira mendengar semakin besarnya kecenderungan generasi muda saat ini untuk menjadi pengusaha. Dia mengatakan, hal itu tak lain karena semakin banyak pengusaha semakin besar pula lapangan pekerjaan yang tersedia di tengah besarnya angka pengangguran yang kini mencapai 11 juta orang.

"Tentu dengan hadirnya lapisan wirausaha yang begitu besar akan dapat mewujudkan bangsa dan negara Indonesia yang makmur, disegani, dan kompetitif," sambut Sarwono.

Diikuti oleh 15 tim sekolah yang telah mengikuti Student Company Program di PJI, para siswa tersebut berlomba mempresentasikan bisnis mereka mulai perencanaan bisnis, strategi pemasaran, target penjualan dan sebagainya. Sebagai aplikasi, mereka juga membuka stan bisnis mereka di lokasi berlangsungnya acara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com