Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merpati Bakal Tambah Pesawat

Kompas.com - 07/07/2009, 15:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Merpati Nusantara (Merpati) memutuskan untuk menambah jumlah pesawat baru untuk meningkatkan kemampuan operasional perusahaan. "Merpati sedang melakukan tender pesawat baru," kata Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (7/7).
   
Menurut Said, pengadaan pesawat baru mendesak seiring potensi pembukaan rute baru. Ia tidak menyebutkan berapa besar jumlah pesawat yang akan dibeli tersebut.
   
Ditambahkannya, pengadaan pesawat baru terkait masalah dengan Xian Aircraft. Asumsi awal pengadaan 16 unit pesawat tipe MA-60 dari Xian, seharusnya sudah selesai bulan Maret 2009, tetapi hingga kini belum selesai.

Akibat kekurangan pesawat mengakibatkan pencapaian keuangan hingga semester I 2009 tidak sesuai target. "Harusnya semester I ini sudah laba, namun tidak mencapai target," tegasnya.
   
Said mengatakan, proses tender tersebut terbuka untuk seluruh perusahaan termasuk perusahaan Xian Aircraft yang sebelumnya menawarkan pesawat kepada Merpati.

Menurutnya, kalaupun pada proses tender pengadaan pesawat tersebut Xian tidak juga memenuhi pasokan MA-60 tidak akan bermasalah bagi perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com