Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Global Membaik, Kini Saatnya Ekspansi

Kompas.com - 02/08/2009, 11:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski didera krisis dan gangguan keamanan seperti bom Mega Kuningan, iklim perekonomian global dan nasional menunjukkan sinyal positif saat ini. Maka inilah saatnya sampai tahun 2010 bagi para pelaku pasar untuk berekspansi. Demikian diungkap ekonom Indonesian Economic Intelligence (IEI) Sri Yani Kusumastuti.

"Pada semester kedua ini di dunia dan Indonesia, perekonomiannya sudah membaik. Volume perdagangan juga sudah meningkat," kata Sri di kantor IEI Jakarta, Minggu (2/8).

Menurut Sri, ada beberapa indikator yang menunjukkan perbaikan itu, pertama, nilai tukar rupiah terhadap USD bergerak stabil di antara Rp 10.000-Rp 10.500. Kedua, BI Rate turun 6,75 persen pada Juli 2009 dan kemungkinan berada pada level 6 persen. Ketiga, Inflasi 3,65 persen pada Juni 2009. Keempat, IHSG menembus 2.000 pada 31 Juli 2009.

Dengan berbagai indikator ini, Sri yang juga pengajar di Universitas Trisakti memperkirakan pertumbuhan ekonomi nasional 4,3 persen pada akhir 2009. "Pertumbuhan ekonomi 2009 terutama didukung oleh konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah," tutur Sri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com