Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liput Pesta Mercon, Kontributor MNC Dikeroyok Massa

Kompas.com - 28/09/2009, 19:22 WIB

JOMBANG, KOMPAS.com- Mukhtar Bagus Purnomo (29), salah seorang jurnalis televisi yang sehari-hari menjadi kontributor PT Media Nusantara Citra Tbk, Senin (28/9), menderita sejumlah luka dalam akibat dikeroyok massa saat melakukan tugas jurnalistik.

Luka-luka dalam yang diderita Mukhtar disebabkan pukulan bertubi-tubi yang dialamatkan ke sekujur tubuhnya saat meliput pesta mercon di Desa Keras, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Sabtu (26/9) malam. Mukhtar mengatakan, masih mengalami pusing-pusing akibat aksi pemukulan yang dilakukan oleh sebagian warga sekitar itu.

"Dari hasil CT scan diketahui ada cairan di sekitar otak yang seperti merembes keluar," kata Mukhtar seusai memeriksakan kondisi terakhirnya di RSUD Jombang.  Sejumlah anggota tubuhnya juga dirasakannya masih nyeri akibat pukulan yang membabi buta.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Jombang Komisaris Deden Supriyatna Imhar mengatakan, kasus tersebut terus diproses oleh polisi. Ketiga tersangka, masing-masing KDR (17), FF (21), dan AE (19), ditangkap sekitar enam jam setelah kejadian.

Peristiwa terjadi pada Sabtu malam, saat Mukhtar dan tujuh orang jurnalis televisi, cetak, dan online meliput pesta mercon. Namun, massa tiba-tiba mengejar dan memukuli jurnalis yang diketahui mengabadikan gambar pesta mercon.

Pesta mercon di Desa Keras, Kecamatan Diwek, selalu diadakan setiap tahun, sekitar satu pekan seusai Lebaran, dan selalu dikunjungi ribuan warga dari sejumlah wilayah kabupaten tetangga. Tradisi penyalaan mercon produksi warga desa itu kerapkali memakan korban akibat led akan petasan yang berbahaya dan tidak bisa dikontrol. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com