Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jabar: Dorong Batik Bagian dari Budaya

Kompas.com - 30/09/2009, 16:13 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Masyarakat Jawa Barat diminta mendorong batik sebagai bagian dari budaya, khususnya dalam berbusana. Langkah itu sebagai dukungan terhadap batik yang perlu dijaga dan dilestarikan karena merupakan warisan budaya asli Indonesia.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Bandung, Rabu (30/9) mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar berupaya menjadi panutan masyarakat dalam mengenakan batik dengan mewajibkan pegawainya mengenakan busana itu setiap Jumat.

Kegiatan dinas yang dilakukan pada akhir pekan juga mengharuskan pegawai memakai pakaian batik. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) telah menyetujui batik sebagai warisan budaya dari Indonesia.

Peresmian batik sebagai warisan budaya akan diselenggarakan dalam rangkaian acara pada 28 September-2 Oktober 2009 di Abu Dhabi. Sebelumnya, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie melaporkan keberhasilan diakuinya batik Indonesia sebagai warisan budaya Indonesia kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pertemuan di Istana Bogor, awal pekan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com