Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 100 Hari, SBY Akan "Dihadiahi" Angket Bank Century

Kompas.com - 20/10/2009, 16:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Baru saja dilantik, Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono sudah diberi warning soal kelanjutan kasus pengucuran dana talangan Bank Century Rp 6,7 triliun yang sempat menjadi polemik dalam beberapa bulan terakhir.

Anggota DPR asal Fraksi PDI Perjuangan, Effendi Simbolon, mulai berkata dengan garang. Dalam 100 hari, pihaknya siap menjadi motor untuk menggulirkan hak angket Bank Century.

"Century bongkar dulu. Kita akan mengajukan hak angket. 100 hari pertama (pemerintahan SBY-Boediono), kita akan mengajukan hak angket. Bongkar itu (kasus Century)," ujar Effendi, Selasa (20/10) di Gedung DPR RI, Jakarta.

Dengan formasi anggota Fraksi PDI Perjuangan yang berjumlah 94 orang, ia yakin, pengguliran hak angket tak akan mendapatkan hambatan. "Bisa dong kita dorong hak angket. Kebenaran pasti akan terungkap, kenapa tidak bisa?" ujarnya optimistis.

Jika dibandingkan PDI Perjuangan atau dua fraksi di luar koalisi, Hanura dan Gerindra, kekuatan Fraksi Demokrat dan mitra koalisinya mencapai lebih dari 60 persen kekuatan parlemen. Untuk pengajuan hak angket sebenarnya hanya membutuhkan 13 tanda tangan anggota Dewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com