Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Mandala Terbang Perdana ke Banjarmasin dan Balikpapan

Kompas.com - 12/11/2009, 17:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai besok (Jumat, 13/11), Mandala Airlines melakukan penerbangan perdana Semarang-Banjarmasin, Banjarmasin-Balikpapan dan Semarang-Balikpapan via Banjarmasin dengan menggunakan pesawat Airbus A320 dan A319.  Penerbangan perdana ini diikuti oleh travel agent, klien korporasi dan kalangan asosiasi secara umum untuk merasakan terbang dengan Mandala di rute baru tersebut.

Siaran pers Mandala kepada Kompas.com, Kamis (12/11), menyebutkan sebagai bentuk apresiasi Mandala kepada penumpang yang ingin berpergian dengan Mandala di rute baru tersebut, Mandala membagikan sebanyak 1.200 voucher untuk ketiga rute tersebut dengan rincian, 250 voucher rute Balikpapan–Banjarmasin, 250 voucher Banjarmasin-Balikpapan, 250 voucher Semarang-Banjarmasin, 250 voucher Banjarmasin-Semarang, 100 voucher Balikpapan-Semarang dan 100 voucher Semarang-Balikpapan.

Setiap voucher bernilai Rp 100 ribu yang dibagikan sejak tanggal 11 sampai 23 November di Bandara Ahmad Yani di Semarang, Bandara Syamsuddin Noor di Banjarmasin dan Bandara Sepinggan di Balikpapan. Voucher ini dapat digunakan bagi penumpang yang ingin berpergian di rute-rute tersebut pada tanggal 13 sampai 25 November 2009.

Head of Corporate Communication Mandala Airlines, Trisia Megawati KD mengucapkan terima kasih atas sambutan masyarakat Semarang, Banjarmasin dan Balikpapan atas dibukanya rute baru oleh Mandala tersebut. ”Kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya terhadap masyarakat Semarang, Banjarmasin dan Balikpapan atas sambutan yang sangat positif terhadap dibukanya rute baru kami ini.  Dengan masuknya Mandala ke ketiga rute tersebut, akan menjadi alternatif bagi masyarakat di ketiga kota tersebut untuk mendapatkan transportasi yang cepat, aman dan nyaman,” ujar Trisia.

Saat ini, masyarakat Semarang atau Jawa Tengah pada umumnya yang ingin berpergian ke Banjarmasin, Balikpapan atau Tarakan harus melakukan perjalanan ke Surabaya terlebih dahulu dengan jalan darat, seperti menggunakan mobil atau kereta api. Selain itu, dapat juga menggunakan transportasi udara untuk kemudian melanjutkan penerbangan dari Surabaya menuju Banjarmasin.

Penerbangan Semarang-Banjarmasin pukul 10.35 WIB, tiba 12.45 WITA; Banjarmasin-Balikpapan (13.15 WITA), tiba 14.00 WITA; Balikpapan-Banjarmasin (14.30 WITA), tiba 15.15 WIB; Banjarmasin-Semarang (15.45 WITA), tiba 15.55 WIB.

Trisia mengatakan bahwa masyarakat Jawa tengah atau Semarang pada khususnya harus menghabiskan waktu yang cukup lama untuk melakukan perjalanan menuju kota Banjarmasin. "Dengan menggunakan jalan darat dari Semarang menuju ke Surabaya akan memakan waktu 5 sampai 6 jam kemudian dilanjutkan dengan pesawat menuju Banjarmasin. Dengan adanya penerbangan langsung dari Semarang menuju Banjarmasin maka masyarakat  di wilayah pantai utara Jawa Tengah dapat menghemat waktu perjalanan hingga lebih dari 5 jam. Dari Banjarmasin, penumpang dapat melanjutkan perjalanan menuju Balikpapan dan Tarakan. Alternatif penerbangan ini akan sangat membantu mempercepat perkembangan bisnis antara Jawa Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur khususnya antara Semarang, Banjarmasin, Balikpapan dan sekitarnya,” papar Trisia. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com