Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendukung Angket Century Terus Bertambah

Kompas.com - 19/11/2009, 14:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jumlah anggota DPR yang menyatakan dukungan dan membubuhkan tanda tangan untuk pengajuan hak angket kasus dana talangan Bank Century Rp 6,7 triliun terus bertambah hingga Kamis (19/11) ini.

Ketika diajukan pekan lalu, jumlah penandatangan 136 orang. Hari ini, jumlah itu sudah bertambah hingga 224 orang. Anggota Fraksi PDI Perjuangan, Maruarar Sirait, mengungkapkan, Fraksi PAN merupakan fraksi yang paling banyak mengalami penambahan.

Pada diskusi "Membongkar Skandal Bank Century" di Gedung DPR, Jakarta, pria yang akrab disapa Ara itu menguraikan, Fraksi Hanura 17 orang, Fraksi PPP 16 orang, Fraksi PKS 16 orang, Fraksi PAN 12 orang (sebelumnya hanya 5 orang), Fraksi PKB 3 orang, Fraksi Gerindra 22 orang, Fraksi Partai Golkar 53 orang, dan Fraksi PDI Perjuangan 85 orang. Apakah Taufik Kiemas sudah ikut mendukung?

"Pak Taufik Kiemas belum, tapi nanti kalau sudah mencapai 250, saya akan mendatangi sendiri untuk minta tanda tangan," kata Ara sambil tersenyum.

Politisi PAN, mantan anggota DPR 2004-2009, Drajad Wibowo, menyatakan apresiasi atas bertambahnya anggota Fraksi PAN yang mendukung penggunaan hak angket. Dengan posisi politik PAN saat ini, jumlah 12 dinilai sudah cukup baik. "Untuk ukuran sekarang, jumlah dukungan 12 anggota itu sudah prestasi," kata Drajad.

Pengusung hak angket menargetkan jumlah pendukung hingga 50 persen dari total anggota dewan. Hal ini diperlukan, agar hak angket lolos di rapat paripurna. Usulan hak angket ini dibahas dalam rapat Badan Musyawarah pada hari ini, sebelum diambil keputusan di paripurna pekan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com