Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disebut Terima Aliran Dana Century, Demokrat Akan Gunakan Hak Hukum

Kompas.com - 01/12/2009, 12:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi Partai Demokrat Roy Suryo menegaskan, partainya akan segera menggunakan hak hukumnya terkait tuduhan yang menyebutkan sejumlah pihak dalam Partai Demokrat menerima aliran dana Bank Century.

"Dalam republik ini, demokrasi memang kita hormati untuk kebebasan berpendapat. Tapi kalau ada indikasi yang menyebutkan nama, maka harus ada data otentik supaya jangan menjadi isu dan berbau liar. Maka menjadi hak kami juga untuk menggunakan hak hukum kami melakukan penuntutan," kata Roy Suryo seusai Sidang Paripurna DPR yang mengesahkan Hak Angket Kasus Bank Century, Selasa (1/12).

Ketua Departemen Komunikasi dan Informasi Partai Demokrat ini juga secara tegas meminta agar pihak-pihak yang melakukan tuduhan tersebut agar segera melakukan klarifikasi dan melakukan pembuktian.

"Di dalam hukum, yang harus membuktikan itu pihak yang melakukan tuduhan. Jadi selama mereka tidak bisa membuktikan mereka harus bertanggung jawab," ujar anggota Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Dalam kesempatan tersebut, Roy juga kembali menegaskan bahwa Partai Demokrat sama sekali tidak terlibat dan menerima aliran dana sebagaimana dituduhkan tersebut. "Kalau saya secara pribadi, maupun Pak Anas (Anas Urbaningrum Ketua F-PD), aliran dana semacam itu tidak kami kenal dan tidak mungkin dilakukan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com