Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Gadis Jujur" Itu Deposan yang Tak Terkait Robert Tantular

Kompas.com - 14/12/2009, 16:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Agus Martowardojo mengakui sempat mengusulkan untuk melakukan pengecualian penjaminan dana nasabah dan toleransi peraturan dalam rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) pada November 2008 lalu.

Menurutnya, apabila Bank Century ditutup, maka dana deposan yang sesuai ketentuan tidak dijamin di atas Rp 2 miliar yang tersimpan di Bank Century, agar diganti. Dana ini diganti bila deposan tersebut tidak memiliki hubungan dengan Robert Tantular. "Makanya dalam rekaman itu saya sampai kan kalau ada 'gadis jujur'," ujarnya mengulangi apa yang dikatakan dalam rekaman rapat keputusan pengucuran dana ke Bank Century, di Jakarta, Senin ( 14/12/2009 ) .

Menurutnya, kata 'gadis jujur' tersebut berarti deposan yang memiliki dana di atas Rp 2 miliar tapi terbukti tidak memiliki kaitan sama sekali dengan Robert Tantular, berpotensi untuk dibayarkan. Usulan tersebut tercetus untuk mencegah terjadinya dampak sistemik perbankan jika Bank Century ditutup. "Kalau ternyata ada deposan yang tidak terkait dengan Robert Tantular mungkin kita pertimbangkan untuk bayar," ujarnya.

Seperti diketahui, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hanya akan memberikan penggantian dana bagi deposan yang memiliki dana maksimal Rp 2 miliar, sementara dana di atas itu tidak akan diganti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com