Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Harus Perbaiki Rencana Kerja 2010

Kompas.com - 21/12/2009, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar mendesak perusahaan BUMN untuk memperbaiki rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) tahun depan.

Menurut Mustafa, ini dilakukan untuk menekan efisiensi serta sinergitas peningkatan produktivitas dan kontinuitas. Di samping itu, imbuhnya, kondisi perekonomian, baik global maupun lokal, saat ini telah menunjukkan perbaikan. "Banyak sekali BUMN yang perlu kami minta memperbaiki RKAP-nya dan kami ingin RKAP 2010 lebih signifikan dibandingkan dengan yang sebelum-sebelumnya," kata Mustafa saat ditemui di Kantor Kementerian Koodinator Perekonomian, Jakarta, Senin (21/12/2009). Namun, Mustafa enggan membeberkan nominal target yang bakal dipatok oleh perusahaan BUMN tahun depan.

Dia berharap, kinerja perusahaan BUMN dapat meningkat tahun depan. Misalnya, kata Mustafa, PT Pertamina dapat meningkatkan proyeksi laba bersih dalam RKAP tahun depan menjadi Rp 18 triliun atau Rp 19 triliun. Ini lebih tinggi daripada proyeksi yang telah ditetapkan sebesar Rp 17,7 triliun.

Menurutnya, Pertamina dapat meningkatkan labanya karena asumsi harga minyak tahun depan naik menjadi 65 dollar AS per barrel. Adapun untuk tahun ini, 61 dollar AS per barrel. "Pra-RUPS saya minta diperbaiki, angkanya saya tidak bisa sebut. Jadi, secara umum saya melihat seperti itu," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com