Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana ASR di bank BUMN Capai 135 Juta Dollar AS

Kompas.com - 22/12/2009, 18:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) bersama dengan 11 kontraktor kontrak kerja sama (KKKS), Selasa (22/12), di Jakarta, menandatangani rekening bersama dana abandonment dan site restoration (ASR) bersama Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni BNI, Bank Mandiri, dan BRI. Jumlah dana yang disimpan dalam Bank BUMN itu sebesar 7.701.727 dollar AS.

Dengan adanya penambahan ini, seluruh dana ASR yang disimpan di Bank BUMN kini mencapai 135.426.712 dollar AS. Dana ASR adalah sejumlah dana yang harus dicadangkan kontraktor KKS untuk membongkar fasilitas operasi perminyakan saat akan meninggalkan area dalam wilayah kerja yang akan ditutup dan tindakan pemulihan lingkungan di area itu sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2008.

Secara rinci perjanjian rekening bersama yang ditandatangani itu: BP MIGAS, Kodeco Energy Co. Ltd.denganBNI; BPMIGAS, Citic Seram Energy, Ltd. dengan BNI; BP Migas, Kalila (Korinci Baru) Ltd. dengan BNI; BP Migas, Santos (Madura) Pty. Ltd. dengan BNI; BP Migas, Santos (Sampang) Pty. Ltd. dengan BNI ; BP Migas , Energy Equity Epic (Sengkang) Corp. dengan BNI; BP Migas.

Perjanjian lain adalah, BOB PT Bumi Siak Pusako Pertamina Hulu dengan Bank Mandiri; BP Migas , HESS Indonesia (Pangkah) dengan Ltd. dengan Bank Mandiri; BP Migas, PetroChina International (Bermuda) Ltd. dengan Bank Mandiri; BP Migas, JOB Pertamina Talisman (ogan Komering) Ltd. dengan BRI ; BP Migas , Petrochina Banko Ltd. dengan BRI.

Wakil Kepala BP Migas Hadi Purnomo dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari mengutamakan Bank BUMN adalah untuk meningkatkan balance of payment negara yang pada akhirnya akan memberikan efek domino lebih besar bagi perkembangan perekonomian. Penandatangan perjanjian rekening bersama, pertama kali dilakukan pada bulan Desember 2008 dengan melibatkan Bank BNI dan Bank BRI.

Perjanjian kedua dilakukan pada bulan Juni 2009 yang melibatkan Bank Mandiri dan Bank BNI sebagai mitra kerja. Diharapkan pembentukan rekening bersama ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan perbankan nasional dan juga kemajuan industri hulu migas nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com