Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badan Pengelola NSW Baru Dibentuk 2012

Kompas.com - 29/01/2010, 19:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati sistem National Single Window (NSW) telah diberlakukan di lima lokasi, namun situs resminya di Indonesia NSW belum memiliki badan khusus yang mengelolanya. Hingga kini, situs ini dikelola oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai, Departemen Keuangan.

"Selama ini sementara dalam masa transisi akan dilaksanakan oleh Ditjen Bea Cukai," kata Direktur Jenderal Bea Cukai, Thomas Sugijata, saat jumpa pers, di Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (29/1/2010). Untuk itu, pihaknya telah membentuk tim untuk mengelola NSW ini.

Eddy Putra Irawadi, selaku Deputi Menko Perekonomian Bidang Perindustrian dan Perdagangan mengatakan pemerintah akan membentuk badan independen khusus untuk mengelola situs ini pada tahun 2012 nanti. "Rencananya 2012 kita sudah punya lembaga baru. Kita butuh waktu paling tidak 2 tahun. Ini sesuai rencana kerja kita," ujar Eddy yang juga sebagai Ketua Pelaksana Harian NSW.

Dengan penerapan NSW ini, pengurusan dokumen kepabeanan dan perizinan impor dilakukan secara elektronik melalui situs INSW, di www.insw.go.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com