Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satgas Optimistis Gayus Tambunan Bisa Ditemukan

Kompas.com - 26/03/2010, 15:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Keberadaan pegawai pajak pada Bagian Penelaah Keberatan pada Seksi Banding dan Gugatan Wilayah Jakarta II, Gayus Halomoan Tambunan, hingga kini belum dapat dipastikan.

Ada yang mengatakan bahwa pegawai dengan pangkat penata muda golongan III-A ini tengah berada di Singapura. Namun, beberapa pihak, seperti Direktur Jenderal Pajak M Tjiptardjo, mengaku tidak tahu-menahu soal keberadaan anak buahnya tersebut.

Yang jelas, ketidakjelasan keberadaan Gayus membuat proses penyelidikan yang dilakukan tim independen gabungan Polri-Komisi Kepolisian Nasional tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Anggota Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum Mas Achmad Santosa, kepada para wartawan, Jumat (26/3/2010) di depan Gedung UKP4, Jakarta, mengatakan bahwa tim memang kesulitan menemukan lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tersebut. "Tapi kami optimistis, dalam waktu dekat kami bisa menemukannya," ujar Mas Achmad. Turut hadir di kantor UKP4, anggota Satgas, Yunus Husein dan Denny Indrayana.

Dia mengatakan, pihak-pihak terkait masih terus menelusuri keberadaan Gayus. "Kami sudah berkoordinasi dengan imigrasi dan Bareskrim. Jadi, kami intens sekali melakukan koordinasi untuk melakukan pencekalan dan pencegahan. Semoga dalam waktu dekat kepolisian menemukannya," tambah Mas Achmad.

Terkait pertemuan antara Satgas dan Dirjen Pajak M Tjiptardo, Mas Achmad mengatakan, kedua belah pihak telah melakukan tukar-menukar informasi terkait mafia pajak. "Pastinya Dirjen Pajak mempunyai data-data dan sistem pencegahan. Sementara itu, kita juga punya masukan-masukan," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com