Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion dan Garuda Bersaing Angkut Penumpang Rute Internasional

Kompas.com - 08/04/2010, 15:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Persaingan antara Garuda Indonesia dan Lion Air tidak hanya terjadi dalam perebutan penumpang domestik. Hal ini karena keduanya juga masuk dalam kelompok tiga maskapai penerbangan yang paling banyak menerbangkan penumpang ke luar negeri.

Dari total 866.327 pax jumlah penumpang rute internasional, Garuda menerbangkan 34,1 persen di antaranya atau 295.565 pax. Adapun Lion memiliki pangsa pasar 14,2 persen dengan jumlah penumpang 123.170 pax.

"Tapi untuk penerbangan internasional, Garuda dan Lion tidak menjadi yang teratas. Karena AirAsia menerbangkan penumpang lebih banyak, 406.571 pax atau 46,9 persen," ujar Tri.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait berdalih, jumlah penumpang internasional di maskapainya tidak lebih tinggi dari AirAsia atau Garuda karena frekuensi penerbangan internasional Lion masih kalah banyak dibanding keduanya.

Untuk dapat meningkatkan jumlah penumpang, Lion berencana menambah frekuensi penerbangan internasionalnya. Salah satunya rute Jakarta-Singapura dari dua kali sehari akan ditambah menjadi empat kali sehari. Mulai Februari lalu, Lion juga sudah menambah frekuensi rute Jakarta-Jeddah dari dua kali seminggu menjadi lima kali seminggu.

Lion memprediksi bahwa jumlah penumpang domestik dan internasional Lion akan bertambah minimal 10 persen sepanjang Mei sampai Juli. (Gentur Putro Jati/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com