Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TDL Naik, PLN Harus Tingkatkan Pelayanan

Kompas.com - 04/05/2010, 14:21 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Keputusan untuk menaikkan tarif dasar listrik sebesar 10 persen mulai Juli mendatang harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan listrik oleh Perusahaan Listrik Negara. Di Daerah Istimewa Yogyakarta, selama ini buruknya pelayanan listrik oleh PLN paling banyak dikeluhkan oleh konsumen.

Ketua Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) Widijantoro mengatakan, kenaikan TDL akan menambah pendapatan PLN. Oleh karena itu, kenaikan pendapatan itu harus disesuaikan dengan pelayanan yang diberikan kepada konsumen.

Meskipun yang dinaikkan tarifnya adalah pelanggan dengan daya 1.300 watt ke atas, semua konsumen berhak menuntut perbaikan kualitas pelayanan. Termasuk juga menuntut adanya kompensasi jika dirugikan oleh PLN. "Selama ini belum ada yang mendapat kompensasi atas kerugian yang ditimbulkan akibat pelayanan PLN," katanya, Selasa (4/5/2010).

Menurut dia, selama ini sebagian besar keluhan konsumen yang masuk ke LKY adalah keluhan tentang pelayanan listrik. Selain masih sering padam, daya listrik juga naik turun sehingga merusak banyak peralatan elektronik di rumah konsumen. "Ketika tarif listrik sudah dinaikkan, keluhan-keluhan semacam itu mestinya tidak terdengar lagi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com