Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etape 2 Kayuh Pedal ke Trenggalek

Kompas.com - 24/06/2010, 08:13 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Tim Jelajah Sepeda Surabaya-Jakarta memulai keberangkatan etape 2 menuju Trenggalek, Kamis (24/6/2010) pagi. Mereka resmi dilepas oleh Wali Kota Malang, Peni Suparto dan Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Edward Aritonang, serta Kepala Biro Kompas Jawa Timur, Nasru Alam Azis.

"Sesuai dengan tekad kita anti-global warming, membangun kesehatan, memupuk kekompakan dan solidaritas, semoga tim selamat sampai tujuan," ujar Peni Suparto. Sebelum pelepasan dilakukan penyerahan bantuan buku dari Bakrieland dan Kompas kepada perpustakaan warga.

Saat ini, tim baru saja meluncur diantar 30 orang pesepeda dari Paguyuban Onthel Malang yang mengantar hingga batas kota. Selanjutnya tim langsung menuju Trenggalek melintasi daerah Kepanjen, Sumberpucung, Wlingi, Blitar, dengan jarak tempuh 139 kilometer.

Ujian

Etape kedua ini merupakan ujian bagi para pesepeda yang berjumlah 30 orang karena kontur jalan yang akan dilalui tidak hanya menanjak, tetapi lebar jalan relatif sempit sehingga harus berbagi dengan kendaraan lain. Pada saat rombongan berangkat dari Surabaya, Rabu kemarin, sambutan dari masyarakat, khususnya komunitas sepeda, sangat besar.

Selama perjalanan dari Surabaya-Malang, rombongan pesepeda, antara lain, melintasi jalan raya Porong dan kawasan yang terkena luapan lumpur Lapindo di Sidoarjo. Di ruas jalan ini, jalan sangat berdebu sehingga para pesepeda terpaksa melaju dengan hati-hati sambil menutup hidung dari polusi dan bau lumpur panas yang menyengat.

Memasuki kawasan Gempol, Lawang, dan Pasuruan, para pesepeda yang berjumlah 30 orang ditambah 10 orang dari pihak kepolisian mulai dihadang dengan tanjakan sehingga laju sepeda mulai pelan dengan kecepatan antara 12-15 kilometer per jam.

Di jalan tanjakan tersebut sejumlah pesepeda terpaksa harus didorong oleh pesepeda lainnya agar mereka tetap berada dalam satu rombongan.

Secara keseluruhan, etape Surabaya-Malang ditempuh dalam waktu sekitar 6,5 jam dengan jarak tempuh 90 kilometer. Rombongan sempat istirahat untuk makan siang dengan menu nasi rawon di kawasan Purwadadi, Kabupaten Pasuruan. (GUN/APO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com