Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Terigu Tak Naik kalau...

Kompas.com - 20/07/2010, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang Lebaran, harga sejumlah bahan makanan kebutuhan pokok diperkirakan naik.

Namun, Direktur Eksekutif Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) Ratna Sari Loppies menjamin bahwa harga tepung terigu tidak naik. Begitu pula komitmen para pedagang tepung terigu, asalkan harga di pasaran internasional tidak "cari gara-gara". "Dari industri katanya tidak akan naik, tetapi itu kalau harga internasional tidak akan naik, ya," tuturnya di kantor Kementerian Perdagangan, kemarin.

Namun, jika melihat tren harga internasional akhir-akhir ini, maka Ratna mengatakan harganya justru turun. Ratna berharap harga dapat bertahan. Saat ini, harga per kilogram tepung terigu berada di angka Rp 5.600.

Ratna juga menjamin ketersediaan pasokannya cukup untuk memenuhi permintaan menjelang Lebaran. Memang, setiap menjelang Lebaran, produsen selalu meningkatkan produksi tepung terigu sebesar 20 persen. Dalam sebulan, produksi terigu mencapai 250.000 ton.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, pengalaman membuktikan, menjelang Lebaran, permintaan terhadap kebutuhan pokok meningkat sekitar 20 persen dengan kenaikan harga sebesar 5-10 persen. Hanya, Mari menekankan, kenaikan harga hanya wajar terjadi di komoditas segar yang tak bisa disimpan, seperti cabai merah, bawang merah, daging ayam, dan telur ayam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com