Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham BNBR di ELTY Terancam Terdilusi 50 Persen

Kompas.com - 20/07/2010, 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagaikan makan buah simalakama. Istilah ini sangat cocok ditujukan kepada BNBR yang tengah mengalami dilema.

Sebagai gambaran, saat ini, kepemilikan saham BNBR di PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) terancam terdelusi. Apalagi, hingga saat ini, BNBR belum juga memutuskan apakah akan ikut berpartisipasi dalam penerbitan saham baru alias rights issue yang dilakukan ELTY. Padahal, rights issue akan kelar pada esok hari (21/7/2010).

"Hingga saat ini belum ada keputusan, kami masih terus melakukan diskusi internal," kata Direktur Keuangan BNBR Eddy Soeparno. Menurut Eddy, jika ikut rights issue ELTY, BNBR harus segera mencari pendanaan eksternal.

Yang menjadi pertimbangan, jika BNBR menambah pinjaman, jumlah utangnya akan terus membengkak yang secara otomatis akan membebani neraca keuangan perseroan. Padahal, BNBR berniat memperkecil jumlah utangnya. "Kami berencana memperkecil jumlah utang jangka pendek dan sejumlah repo yang ada," ungkapnya.

Sebaliknya, jika BNBR memutuskan tak ikut berpartisipasi, kepemilikan BNBR pada perusahaan properti Grup Bakrie ini akan terdilusi. Asal tahu saja, rights issue ELTY ini memiliki dampak dilusi sebesar 50 persen. Artinya, saham BNBR di ELTY pasca-rights issue hanya akan tinggal 10 persen dari kepemilikan saat ini sebesar 20 persen. (Abdul Wahid Fauzi/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com