Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FTA RI-Australia Permudah Akses Tenaker

Kompas.com - 20/08/2010, 09:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Indonesia dengan Australia akan segera meluncurkan kesepakatan area perdagangan bebas, yaitu Australia-Indonesia Free Trade Area (FTA), dalam waktu dekat menyusul diselesaikannya pembahasan di antara kedua negara.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, kerja sama ini akan sangat menguntungkan Indonesia. Salah satunya, akses pertukaran tenaga kerja profesional yang semakin mudah. "Akses untuk tenaga kerja profesional (kita) untuk bisa bekerja di Australia lebih mudah, seperti (dengan) Jepang ya," tuturnya di kantor kementerian, Kamis (19/8/2010) malam.

Mari sangat yakin kerja sama bilateral antara Indonesia dan Australia akan memberi keuntungan yang lebih besar daripada kerja sama FTA yang selama ini dibina Indonesia dengan negara-negara ASEAN lainnya, terutama dalam economic capacity building.

"Yang kita kejar adalah economic capacity building. Jadi kerja sama ekonominya dan kerja sama teknis untuk meningkatkan daya saing kita di beberapa sektor, termasuk peternakan, dairy dan pertanian," ungkapnya.

Menurut Mari, Indonesia bisa belajar banyak dari Australia mengenai pertanian dan peternakan, seperti ketatnya penerapan persyaratan ekspor ke Australia. Indonesia bisa banyak belajar mengenai karantina dan standar ekspor. Pemerintah kedua negara juga sepakat untuk melakukan pendidikan dan pelatihan bersama bagi sumber daya manusia pertanian dan peternakan di kedua negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com