Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Bandara Resmi Dikelola PLN

Kompas.com - 25/08/2010, 15:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur PT PLN (Persero) Dahlan Iskan dan Dirut PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko menandatangani nota kesepahaman mengenai pengelolaan sistem pasokan ketenagalistrikan yang handal di sejumlah bandara yang dikelola Angkasa Pura II di kantor Kementerian Negara BUMN, Rabu (25/8/2010).

Dengan penandatanganan ini, maka PLN secara resmi akan mengelola listrik di sejumlah bandara.

Penandatanganan nota yang disaksikan oleh Menneg BUMN Mustafa Abubakar ini merupakan solusi menyusul insiden matinya listrik di Bandara Soekarno-Hatta, 6 Agustus lalu.

Dalam sejumlah pembicaraan sebelumnya, Angkasa Pura II akhirnya 'merelakan' pengelolaan bandara kepada PLN. "Kerja sama (pengelolaan) bisa keseluruhannya, bisa sampai tahap tiga yaitu PL di dalam, tahap kedua dengan tegangan menengah atau tahap satu, supervisi saja. Nanti akan kami serahkan kepada direksi Angkasa Pura II mau pilih yang mana," tutur Dahlan dalam sambutannya.

Menurut Dahlan, kerja sama tak harus sampai pada tahap keempat atau ketiga karena tahap keempat sampai soal yang rumit. Dahlan berpendapat Angkasa Pura II lebih baik tetap memiliki tim engineering di dalamnya. "Tapi setelah ini tim kami akan bicarakan sampai level mana kerja sama ini," tambahnya.

PLN yang memiliki pengalaman menangani listrik Istana Negara dan DPR berjanji akan menangani listrik bandara dengan standar zero tolerance. PLN akan menangani 12 bandara yaitu Bandara Halim Perdanakusuma, Bandara Soekarno-Hatta serta sejumlah bandara di Bandung, Palembang, Medan, Pontianak, Padang, Pekanbaru, Banda Aceh, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang dan Jambi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com