Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Jatinegara Bangun Pospam

Kompas.com - 29/08/2010, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain menurunkan belasan petugas polisi khusus kereta api (polsuska), Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, juga membangun pos pengamanan (pospam) sejak Jumat (20/8/2010). Pospam ini akan membantu pengamanan para penumpang dan pengantar serta penjemput di dalam area stasiun.

"Pospam sebagai salah satu upaya kami untuk lebih intensif lagi menjaga keamanan di stasiun. Jadi, penumpang atau pengantar bisa melaporkan hal-hal yang tak diinginkan lewat pospam ini," kata Wakil Kepala Stasiun Jatinegara, Satya, saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (29/8/2010).

Satya menjelaskan, masing-masing dua personil dari Garnisun dan Propam Polda Metro Jaya ditempatkan di pospam. Mereka bertugas secara bergilir pagi dan sore hari di meja bertaplak meja warna hijau itu. Setiap laporan pospam akan diteruskan dan ditangani polsuska yang berada di lantai dua stasiun.

"Tadi pagi (29/8/2010) kami dapat laporan pencopetan yang menimpa pengantar seorang penumpang KA Kutojaya Ekonomi jurusan Jakarta-Kutoarjo. Kejadian di atas KA dan pelaku tidak tertangkap. Kemungkinan pencopetnya sudah ikut naik kereta itu," tutur petugas polsuska, Taryono.

Taryono meminta para pengantar sebaiknya jangan ikut naik atau masuk ke dalam kereta. "Ini penting supaya keberangkatan KA tidak terlambat dan untuk mengantisipasi aksi kejahatan di atas gerbong. Jangan sampai nanti pengantar ikut terbawa rangkaian kereta yang sudah pergi," ujar Taryono.

Sementara pengelola Stasiun Jatinegara juga sudah mendirikan tenda sebagai tempat istirahat para calon penumpang. Tenda tersebut terletak di utara stasiun dekat mushala. "Tenda dibangun untuk antisipasi membeludaknya penumpang yang menunggu di peron stasiun kita yang kecil," terang Satya. Sedangkan posko gabungan masa Lebaran akan dibangun mulai H-7 sampai H+7 mendatang. Posko itu akan diisi petugas Palang Merah Indonesia, Pramuka, Koramil, dan sejumlah organisasi kemasyarakatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com