Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin Harus Perkuat Merek Indonesia

Kompas.com - 21/09/2010, 21:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Lembaga Keuangan Nonbank, Asuransi, dan Pasar Modal, Wisnu Wardhana, mengemukakan, Kadin harus bisa memperkuat citra yang dimiliki oleh anggotanya agar bisa memperkuat merek Indonesia.

"Kepengurusan Kadin 2010-2015 harus memiliki visi memperkuat anggota agar dapat memperkuat merek produk atau layanan mereka untuk dapat bersanding dengan citra Indonesia di percaturan bisnis internasional," kata Wisnu dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (21/9/2010).

Dengan kata lain, menurut Wisnu, visi dari Kadin ke depan adalah menjadikan industri Indonesia menjadi industri yang berkelas dunia.

Ia mengutarakan harapannya agar berbagai merek dalam negeri dapat menjangkau setiap rumah tangga di kawasan Asia Tenggara sebagai langkah yang dapat diambil sebagai pentahapan yang realistis atas visi bersama tersebut.

Pembangunan jaringan distribusi dapat dengan segera dilaksanakan dalam kerangka Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA), juga dengan pembangunan layanan pendukung purna jual untuk menjaga kepuasan pelanggan. "Dukungan logistik dari berbagai pelabuhan laut dan udara serta pergudangan yang diatur dengan baik, dapat menjamin daya saing produk dan layanan tersebut," katanya.

Menurut Wisnu, visi itu sangat membutuhkan dukungan pemerintah melalui penguatan pelaksanaan berbagai aturan yang memberikan kemudahan dalam perdagangan dan investasi internasional selama proses produksi di dalam negeri.

Sementara misi yang ditawarkan oleh Wisnu sebagai salah satu calon ketua umum Kadin adalah memperkuat posisi Kadin sebagai mitra independen strategis pemerintah.

Untuk itu, terdapat empat hal yang fundamental yang ingin diperkuat olehnya yaitu pembangunan infrastruktur, kepastian iklim usaha, komitmen/keberpihakan, dan etika dunia usaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com