Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Dua Aset Properti Healthcare Lippo Karawaci Tuntas

Kompas.com - 05/01/2011, 20:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lippo Karawaci Tbk (“LPKR”) pada hari ini mengumumkan bahwa Perseroan telah menyelesaikan penjualan dua aset properti healthcare senilai SGD205,5 juta kepada First Real Estate Investment Trust (“First REIT”).

Ke dua aset tersebut terdiri dari Siloam Hospitals Lippo Cikarang (“SHLC”) dan Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (“MRCCC”).

First REIT adalah real estate investment trust di bidang healthcare pertama di Singapura, dan dikelola oleh fund management milik LPKR, Bowsprit Capital Corporation Limited (“Bowsprit”). LPKR akan memperoleh one-time gain sebesar Rp195 miliar dari transaksi ini, yang akan diamortisasi selama 15 tahun.

Berdasarkan transaksi tersebut, LPKR menjual properti di Lippo Cikarang yang ditempati oleh SHLC, dalam bentuk perjanjian sale and lease back dengan First REIT. Disamping itu LPKR akan membantu First REIT untuk mengakuisisi properti di Jakarta Pusat yang digunakan oleh MRCCC, berlokasi di Semanggi, Jakarta Pusat. Penjualan ini untuk mencapai stategi asset light LPKR dan memberdayakannya untuk mengejar rencana ekspansi rumah sakit.

Pada saat yang sama, penjualan aset akan lebih memperkuat Divisi Asset Management LPKR di mana total dana yang dikelola LPKR akan meningkat menjadi 1,3 miliar dollar AS. Hal ini menambah momentum bagi rencana LPKR untuk meningkatkan dana yang dikelola menjadi 3 miliar dollar AS dalam 3 tahun sampai 5 tahun serta menjadikan fee income sebagai pendorong pertumbuhan bagi strategi pertumbuhan LPKR.

LPKR mengelola dua real estate investment trusts (REITS) yang tercatat di Singapura – First REIT dan Lippo-Mapletree Indonesia Retail Trust (“LMIR Trust”), dengan total aset yang dikelola masing-masinng sebesar SGD612,8 juta (USD476 juta) dan SGD1,1 miliar (USD855 juta), atau total keduanya keseluruhan sebesar USD1,3 miliar. Kedua REITS ini tercatat di Singapore Stock Exchange dengan kapitalisasi pasar keduanya sebesar USD804,4 juta.

Divisi usaha asset management LPKR terdiri dari unit usaha fund management dan unit usaha property management.  LPKR juga memiliki 21,74 persen kepemilikan di First REIT, satu dari dua REIT yang dikelola LPKR.

Ketut Budi Wijaya, Presiden Direktur LPKR, merasa optimis. “Saya sangat senang memulai tahun baru dengan menyelesaikan penjualan aset penting rumah sakit, dan merupakan pendorong bagi bisnis manajemen aset Perseroan. Hal ini menggarisbawahi komitmen kami dalam meningkatkan kehadiran LPKR di sektor kesehatan Indonesia," katanya.

Transaksi ke First REIT ini adalah pusat dari strategi asset light kami, menghasilkan laba luar biasa bagi Perseroan, dan memperkuat strategi pertumbuhan LPKR dalam berinvestasi di rumah sakit di seluruh Indonesia, memberikan kontribusi lebih lanjut bagi transformasi LPKR dari grup properti senilai USD3 miliar menjadi USD8 miliar.”

LPKR juga menegaskan forecast tahun 2011 dan prediksi final tahun 2010.  LPKR memproyeksikan tahun 2011 sebagai tahun yang baik dan kuat dengan total laba Rp701 miliar, meningkat tajam 33,5 persen di atas peningkatan pendapatan sebesar 24,1 persen menjadi Rp3,725 triliun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com