Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberitahuan Mandala Sangat Lambat

Kompas.com - 12/01/2011, 23:37 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Akhirnya, sekitar pukul 22.20 WIB, sebuah pesan singkat atau SMS pemberitahuan dari Mandala baru diterima oleh pelanggan yang keesokan harinya, tepatnya pukul 06.00, akan terbang menggunakan pesawat Mandala.

Lambatnya pemberitahuan ini membuat calon penumpang kesulitan untuk beralih mencari penerbangan lain, mengingat per 13 Januari pukul 06.00, Mandala Air membatalkan semua penerbangan karena tutup sementara operasionalnya. SMS itu berbunyi: "Maaf, RI-394 CGK-BPN/CGK-TRK 13 Jan dibatalkan."

Disarankan untuk mencari penerbangan lain. Hub call center 08041234567/02156997000 untuk proses refund. Namun, penumpang yang sudah membeli tiket untuk penerbangan setelah 13 Januari, hingga malam ini juga belum mendapat SMS apakah penerbangannya akan dibatalkan.

Ketika berusaha menghubungi dua nomor telepon itu, keduanya sibuk sehingga kepastian bagaimana memproses refund tidak terjawab. Pemberitahuan yang terlambat ini semakin menambah penderitaan penumpang karena semua penerbangan murah maskapai lain untuk hari Kamis pagi pastinya sudah habis, jika masih ada, pasti harganya sangat mahal.

Pemesanan via online kurang dari 24 jam untuk beberapa maskapai penerbangan juga menjadi masalah tersendiri. Mengacu pada kasus pembatalan penerbangan sebelumnya oleh Mandala, misalnya, kasus pembatalan penerbangan Tarakan-Balikpapan-Jakarta pada 28 Desember lalu, pemegang tiket sebelum mendapat kepastian refund harus menelepon ke customer service terlebih dulu.

Customer service akan memproses tiket dengan nomor pemesanan tertentu untuk berhak mendapatkan refund yang bisa dilakukan di kantor cabang Mandala. Pada kasus tersebut, refund diberikan 100 persen dari harga tiket. Selain via telepon, menurut website www.mandalaair.com, proses refund bisa dilakukan dengan cara mengirim e-mail ke cust.feedback@mandalaair.com, disertai dengan mencantumkan nomor atau kode pemesanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com