Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartika Air Lebih Dahulu dari Mandala

Kompas.com - 20/01/2011, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain Mandala Airlines, ternyata ada maskapai berjadwal lain yang telah menghentikan operasi penerbangan. Bahkan Kartika Airlines telah stop melayani penumpang pesawat sejak Juni 2010 lalu.

Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan, pemerintah telah memberikan kesempatan kepada Kartika untuk memperkuat permodalannya agar bisa beroperasi kembali. "Kita memberi kesempatan Kartika untuk mencari mitra agar bisa memdapatkan modal dengan baik," kata Freddy di Jakarta, Rabu (19/1/2011).

Direktur Angkutan Udara Kemenhub, Edward Alexander Silooy mengatakan, Kartika menghentikan penerbangan pada Juni 2010 lalu. "Izin rute dan AOC (Air Operator Certificate) sudah dicabut, kalau hingga Juli nanti tidak beroperasi maka SIUP (Surat Izin Usaha Penerbangan) akan dicabut juga," tegas Silooy.

Data yang yang didapatkan dari Kementerian Perhubungan PT. Kartika sudah tidak operasi sejak Juni 2010.

Maskapai yang bermarkas di Batam tersebut melayani lima sekotor rute domestik yaitu Jakarta-Batam, Batam - Medan, Palembang, Jambi dan Padang dengan dua unit pesawat yaitu satu Boeing 737-200 dan MD 82.

Saat beroperasi, Kartika mengangkut sebanyak 441.672 orang dan kargo 1.663 ton pada 2009. Tahun 2010 (per Juni) mengangkut sebanyak 105.355 pax dan 1 ton barang.

Pada 10 Januari 2011 Kartika memberitahukan bahwa akan beroperasi kembali pada tgl 1 April 2011. Tetapi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, pada 14 Januari 2011 mencabut rute-rute Kartika. Saat ini Kartika tidak punya pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com