Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terus Menguat, Rupiah Dekati 8.900

Kompas.com - 08/02/2011, 10:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa (8/2/2011) pagi, menguat sebesar 33 poin ke posisi Rp 8 .922 dibanding sebelumnya yang sebesar Rp 8.955.

Analis pasar dari Ekokapital Sekuritas Cece Ridwan di Jakarta, mengatakan, rupiah yang melanjutkan penguatan memberi sinyal bahwa dana asing masih bertahan didalam negeri.

"Hal ini disinyalir juga akan menambah arus dana asing masuk (capital inflow) ke Indonesia. Asing diprediksi masih akan terus masuk. Di mana bunga dan yield (imbal hasil) yang ditawarkan tergolong tinggi, memberikan return bagi kalangan investor," katanya.

Ia menambahkan, pertumbuhan fundamental ekonomi dalam negeri diekspektasikan akan lebih baik dari 2010, karena pertumbuhan pada 2010 dianggap kurang memuaskan kendati sudah cukup baik. "Pertumbuhan ekonomi 2010 kurang memuaskan. Nah pada 2011 diyakini pertumbuhannya akan lebih baik dari 2010," katanya.

Ia mengatakan, setelah beberapa pekan ini rupiah mengalami tekanan karena pelaku pasar melakukan aksi lepas rupiah untuk mencari untung, saat ini investor kembali masuk mengambil posisi beli. "Posisi rupiah saat ini dinilai cukup aman. Rupiah memang sulit untuk terus menguat signifikan, karena Bank Indonesia (BI) tetap menjaga agar pergerakan tidak terus menguat," katanya.      Ia mengatakan, penguatan rupiah juga dibutuhkan untuk mengurangi tekanan inflasi bahan makanan yang bersumber dari eksternal (imported inflation).

Ia menambahkan, pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah untuk menghadapi inflasi di bulan-bulan berikutnya sehingga tingkat risiko investasi pun menjadi relatif cukup aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com