Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Siap Caplok Isuzu?

Kompas.com - 14/04/2011, 13:38 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Volkswagen AG dikabarkan berniat mencaplok produsen kendaraan komersial terbesar di Jepang, Isuzu. Meski masih rumor, upaya ini mungkin dilakukan guna mengejar ambisi menjadi produsen otomotif terbesar di dunia pada 2018.

Ikhwalnya, VW dan MAN—produsen truk Jerman yang 30 persen sahamnya dimiliki VW—tengah mendiskusikan kemungkinan mengakuisisi saham Isuzu di Jepang. Namun, kabar ini langsung dibantah VW yang mengatakan bahwa langkah tersebut bukan menjadi bagian dari agenda target.

Menurut Reuters, Rabu (13/4/2011), Isuzu yang punya saham senilai 5,86 miliar dollar AS atau Rp 50,7 triliun tengah menghadapi ketidakpastian pasar menyusul terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami di Jepang. Bahkan, merek lain, Daimler, melalui mitra Mitsubishi Fuso (di Jepang) mengumumkan penghentian sementara pabrik di Kawasaki karena pasar yang masih tak menentu.

Penawaran pembelian saham dari perusahaan lain akan membuat Isuzu kembali menerima pemasukan untuk memperkuat basis bisnis. Saat dikonfirmasi terkait masalah ini, MAN tak mau berkomentar apa pun.  Kalau rumor ini benar, maka VW tak cuma berjuang sebagai pabrikan nomor satu di dunia melalui segmen kendaraan penumpang, tetapi juga agresif di segmen komersial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com