VW Kodok Generasi-3 Melompat Lebih Cepat (Sambungan)

Kompas.com - 19/04/2011, 16:54 WIB
EditorZulkifli BJ

Audio Fender
Dijelaskan Beetle ini ditawarkan dengan pilihan seperti  Golf, Jetta atau Passat. Misalnya, audio standar
 RCD310 dengan 8 loudspeaker. Versi lebih hebat, RCD510, sudah dilengkapi dengan CD chanrger, koneksi ke kartu SD dan punya layar sentuh. 

Juga ditawarkan sistem navigasi  RBS 315 dengan layar sentuh 5 inci (400 x 240 piksel), CD player, kartur memori SD dan dua tuner. Khusus untuk navigasi  RBS 510 layar sentuh 6,5 inci, DVD palyer, kontrol suara, slot untuk kartu SD dan hard-disk 30 gigabyte.

Tak kalah menarik, VW menawarkan pula  sistem audio Fender yang sudah digunakan oleh Jimmi Hendrix dan Eric Clapton Tambahan lain, subwoover dengan output 400 Watt. Subwoover juga diberi penerangan tidak langsung, yaitu dua lampu yang mengeliling kotak speaker di pintu. 

Seperti gaya mobil masa kini: untuk masuk ke kabin dan menghidupkan mesin tak perlu lagi menggunakan kunci.  Begitu handle pintu depan disentuh, sistem akan mendeteksi jaket, celana atau tas, yang dibawa pengemudi. Kendati demikian, fitur ini hanya untuk pasar di negara tertentu!

Untuk keamanan, mobil dilengkapi dengan ESP (electronic stabilisation programme), 6-kantung pengaman. Bodi mobil dinilai mampu melindungi penumpangnya karena pengelasan kini dilakukan oleh sehingga sambungan jadi lebih kuat.

Pilihan Mesin
Untuk mesin, VW menawarkan cukup banyak pilihan. Kendati demikian ditentukan berdasarkan pasarnya. Cotnohnya, untuk Amerika Serikat, VW akan menawarkan mesin diesel 2,0 TDI yang menghasilkan tenaga 140 PS dengan transmisi manual 6-percepatan. Opsional, transmisi 6-pecepatan dengan  kopling ganda.  

Mesin paling irit adalah diesel 1,6 TDI dengan konsumsi bahan bakar 4,3 liter/100 km atau 23 km/liter. Sedangkan yang bertenaga, bensin 2,5 liter, 5-silinder, 200 PS, bisa dikebut  225 km/jam!

Untuk Asia, Australia, Eropa dan Selandia Baru disediakan mesin bensin 4-silinder, TSI dan diesel dengan teknologi common rail turbo serta injeksi langsung. Tiga mesin bensin  untuk Beetle masing-masing bertenaga 77kW (105P), 118 kW (160 PS) dan 147 kW (200 PS). Sedangkan dua mesin diesel 77 kW (105 PS) dan 103 kW (140 PS). Khusus mesin bensin  5-silinder ditandemkan dengan transmisi  kopling ganda.

Buat mesin 160 PS (versi Eropa dan 200 PS) dilengkapi dengan XDS electronic differential lock yang dipasang langsung oleh pabrik. Sistem ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari EDS. Fungsinya, meningkatkan handling ketika membelok dengan cepat dan menjaga setir tetap netral. Karakteristik ini diperoleh dengan menggunakan rem aktif yang mencegah di bagian luar spin. Dengan ini pula traksi di tikungan tetap mantap!

Tahun Depan
Kendati diperkenalkan hari ini, peluncurkan resmi baru, untuk Amerika peluncuran baru dilakukan pada Oktober dan November mendatang. Untuk Asia, malah harus menunggu sampai Februari 2012. Sedangkan Amerika Latin, akhir  2012 atau awal 2113.  



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X