Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Capai 2.000 Dollar AS

Kompas.com - 04/08/2011, 16:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga emas di pasar spot dapat mencapai 2.000 dollar AS per troy ounce, demikian dikatakan CEO Randgold Resources Ltd perusahaan pertambangan emas Inggris yang mengeksplorasi di Afrika.

 

"Tentu dapat mencapai 2.000 dollar per troy ounce. Tetapi, kapan, saya tidak tahu," ujar Mark Bristow.

 

Ia mengatakan, harga emas tetap akan tinggi karena kekhawatiran tentang keadaan ekonomi di AS dan Uni Eropa serta penurunan pertumbuhan ekonomi di Asia.

 

"Ketika kita melihat ekonomi global, selalu ada alasan untuk melihat bahwa tren kenaikan harga emas ini masih akan terus terjadi. Setiap orang berpikir kenaikan harga emas ini akan terhenti ketika AS telah mencapai kesepakatan tentang pagu anggarannya. Tetapi, lihat, kecenderungan kenaikan harga emas ada terus," ujarnya.

 

Ia mengatakan, persoalan utang di Eropa tidak juga berakhir. Faktor ini dapat menjadi pendorong harga emas.

 

Harga emas di pasar spot diperdagangkan pada 1.660,70 dollar AS per troy ounce, turun sedikit dari rekornya 1.675 dollar AS per troy ounce. "Sangat fantastis kita dapat sampai pada harga ini," ujarnya. Dia sebelumnya memperkirakan harga emas akan mencapai 1.600 dollar AS per troy ounce tahun ini. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com