Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Stabil, Rupiah Terkendali

Kompas.com - 09/08/2011, 14:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah diperkirakan akan tetap stabil, dengan kecenderungan apresiasi yang terbatas.

Hal ini merupakan salah satu hasil rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia, yang disampaikan oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat Bank Indonesia, Difi Ahmad Johansyah, di Jakarta, Selasa ( 9/8/2011 ).

"Pada bulan Juli 2011 , nilai tukar rupiah menguat 0,95 persen (point to point) ke level Rp 8.496 per dollar AS dengan volatilitas yang menurun," ungkap Difi.

Selain itu, pergerakan rupiah selama bulan Juli kemarin turut dipengaruhi oleh tingginya permintaan valas korporasi seiring dengan kebutuhan pembayaran impor yang meningkat.

Akan tetapi, naiknya permintaan akan valas tersebut dapat diimbangi oleh sisi penawaran seiring dengan masih besarnya aliran masuk modal asing.

Sementara itu, BI pun menilai inflasi masih terkendali. Ini terlihat dari inflasi bulan Juli yang masih sejalan dengan pola musimannya.

Inflasi IHK Juli 2011 sebesar 0,67 persen (month to month), atau 4,61 persen (year to year). "Inflasi tersebut masih normal dibandingkan pada historisnya," tambah dia.

Ke depannya, inflasi akan dipengaruhi oleh peningkatan konsumsi masyarakat seiring dengan berlangsungnya masa Lebaran. Sekalipun demikian, inflasi akan tetap terkendali karena pemerintah terus menjaga pasokan bahan pangan. Termasuk pengadaan dengan kebijakan impor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com