Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF: Pemerintah AS Harus Bantu Ekonomi

Kompas.com - 28/08/2011, 19:39 WIB

WYOMING, KOMPAS.com — Direktur baru Dana Moneter Internasional (IMF) meminta para pengambil kebijakan di Amerika Serikat lebih agresif memberi stimulus dalam upaya meminimalisasi potensi krisis ekonomi. Saat ini, ekonomi AS dan Eropa sedang mengalami pelambatan.

Direktur IMF Christine Lagarde, sebagaimana dikutip kantor berita Associated Press, Minggu (28/8/2011) di Wyoming, AS, menegaskan bahwa AS harus memiliki suatu kebijakan kredibel yang dapat mengontrol utang pemerintah pada masa depan sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi saat ini.

Lagarde juga mengatakan, apabila perekonomian mengalami stagnasi, perencanaan untuk memotong belanja pemerintahan pada masa depan hanya akan merusak kredibilitas pemerintahan. "Siapa yang percaya bahwa komitmen untuk memotong pembelanjaan dapat membantu mengatasi stagnasi yang panjang tempat pengangguran dan ketidakpuasan sosial terjadi," katanya.

Pernyataan dari Lagarde telah meresonansikan inti dari pidato Ketua Federal Reserve Ben Bernanke pada Jumat (26/8/2011), yang mendorong Kongres AS untuk lebih keras membantu perekonomian AS.

"Pemerintah AS harus berbuat sesuatu ketika harga rumah jatuh dan terjadi penurunan pengeluaran rumah tangga," kata Lagarde.

Dia juga mengingatkan supaya pemerintah mengatur soal pembiayaan perumahan, termasuk negosiasi kredit kepemilikan rumah.

Dengan tegas, Lagarde juga meminta sentral-sentral bank di seluruh dunia mempertahankan suku bunga rendah untuk melindungi perekonomian dunia yang sedang rapuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com