Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 19 September, Penumpang Ekonomi Pasti Duduk

Kompas.com - 04/09/2011, 07:01 WIB

SOLO, Kompas.com - PT Kereta Api Indonesia bakal meningkatkan layanan transportasi kereta kelas ekonomi mulai 19 September 2011. Mereka akan memberikan jaminan kepada penumpang untuk mendapatkan tempat duduk, sehingga lebih nyaman selama perjalanan.

"Penjualan tiket kereta api kelas ekonomi mulai 19 September 2011 sudah pakai tempat duduk, sehingga bagi mereka yang membeli tiket pasti dijamin dapat tempat duduk," kata Kepala Stasiun KA Solo Jebres, Heru Hartanto, di Solo, Minggu (4/9/11).

Hingga saat ini, katanya, penumpang KA kelas ekonomi belum tentu mendapatkan tempat duduk saat naik kereta sehingga mereka harus saling berebut dengan lainnya untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Padahal, penumpang KA kelas ekonomi pun tetap harus mendapatkan layanan secara lebih manusiawi.

Sebenarnya, kata Heru, upaya perbaikan layanan kepada pengguna jasa KA terus ditingkatkan setiap saat. Peningkatan jasa layanan KA itu antara lain menyangkut sistem pembelian tiket melalui jaringan dan penerapan ketentuan kepada calon penumpang untuk masuk stasiun satu jam sebelum pemberangkatan KA.

"Perbaikan itu semua pada intinya untuk memberikan jaminan kenyamanan dan keselamatan bagi para calon penumpang kereta api. Untuk itu kami mohon pengertiannya kepada seluruh pengguna jasa angkutan milik negara ini," katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengatakan, peningkatan layanan kepada penumpang KA pada masa Lebaran juga dilakukan pihak PT KAI seoptimal mungkin agar masyarakat bisa merasa nyaman memanfaatkan moda transportasi tersebut untuk perjalanan mudik.

Ia mencontohkan, pihaknya menyiapkan toilet di halaman stasiun setempat untuk mereka yang memerlukan tempat buang air.

Heru mengatakan, minat masyarakat untuk memanfaatkan jasa KA selama Lebaran melalui Stasiun KA Solo Jebres cukup baik.

"Ini bisa dilihat dari tiket kereta api kelas ekonomi yang disediakan setiap hari selalu habis dan bahkan untuk tiket kereta api kelas ekonomi Bengawan dari tanggal 1 sampai 6 September 2011 jurusan Solo-Tanah Abang Jakarta telah habis dipesan," katanya.

Diakuinya, cukup banyak warga memilih menggunakan KA untuk mudik Lebaran antara lain karena harga tiket lebih murah dibandingkan dengan naik bus. Selain itu, keselamatan mereka di sepanjang perjalanan mudik lebih terjamin.

Harga tiket KA kelas ekonomi jurusan Solo-Jakarta Rp 37.000 per orang, sedangkan bus umum kelas ekonomi lebih dari Rp 100.000.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com