Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barito Lepas Saham Chandra Asri ke Thailand

Kompas.com - 20/09/2011, 14:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- PT Barito Pacific Tbk (BRPT) menjalin kemitraan strategis dengan SCG Chemicals Co., Ltd., anak perusahaan Siam Cement Group (SCG), yang berkedudukan di Thailand. SCG membeli 7,13 persen saham PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) dari BRPT, dan 22,87 persen dari Apleton Investment Ltd (anak perusahaan Temasek Holdings).

Dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Rabu (20/9/2011), manajemen Barito menyatakan, kedua transaksi ini bernilai keseluruhan sekitar Rp 3,76 triliun. Selanjutnya SCG akan memiliki 30 persen saham perusahaan petrokimia terbesar di Indonesia tersebut.

Transaksi antara BRPT dan SCG dilakukan berdasarkan Block Trade Commitment Letter yang ditandatangani pada 19 September 2011.

Investasi Siam Cement di CAP membuka peluang yang bagus bagi pengembangan program bisnis CAP ke depannya. Pengalaman dan rekam jejak SCG sebagai sebuah grup perusahaan petrokimia terkemuka di regional akan mendatangkan nilai tambah kemitraan strategis. Dengan posisi SCG sebagai mitra strategis, manajemen BRPT menyambut baik adanya kemungkinan penempatan ahli-ahli dari SCG, yang memiliki pengalaman dan pengetahuan di bidang industri petrokimia, apabila dibutuhkan oleh CAP.

BRPT melepas 7,13 persen dari total 72 persen kepemilikannya di CAP. Manajemen BRPT menyatakan, dana yang diperoleh dari transaksi ini akan digunakan untuk memperkuat komitmen diversifikasi investasi pada unit usaha lainnya yang berada di dalam Grup BRPT.

Pada kuartal I tahun 2011 BRPT berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 131,07 miliar, naik 50,46 persen dibandingkan pada periode sama tahun 2010 sebesar Rp 87,11 miliar. Naiknya laba bersih p erseroan disebabkan oleh naiknya laba sebelum pajak perseroan menjadi Rp 222,42 miliar dari Rp 198,45 miliar pada kuartal I tahun 2010 atau naik 12,08 persen. Per 31 maret 2 011, posisi kas dan setara kas perseroan mencapai Rp 1,23 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com