Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Belum Yakin Beli Saham Selektif

Kompas.com - 06/10/2011, 11:02 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bursa global ditutup menguat semalam di tengah sentimen negatif yang menghantui. Di tengah belum yakinnya pasar atas kondisi perekonomian secara umum, investor wajib cermat dalam melihat kondisi dan peluang. Investor, khususnya lokal, kemarin terlihat berani mengakumulasi saham-saham pilihan meski pembelian tersebut bersifat terbatas.

Riset Indosurya Securities memandang investor lokal menyadari bahwa penurunan belakangan memang murni karena sentimen eksternal dan bukan karena memburuknya kinerja emiten.

Kemarin, IHSG sempat menembus level 3.315,69 (level tertingginya) di awal sesi 1 dan juga sempat menyentuh level 3.269,54 (level terendahnya) menjelang akhir sesi 2 dan akhirnya berhasil bertengger di level 3.293,24.

Semalam mayoritas saham di bursa saham AS ditutup menguat. Saham-saham berkapitalisasi besar turut mendukung penguatan indeks Wall Street. Saham-saham Big Cap yang turut memengaruhi antara lain: Alcoa Inc, Cisco Systems Inc, Mosanto Co, dan Apple Inc.

Adapun pemicu kenaikan Wall Street antara lain data ekonomi AS yang sedikit melampaui prediksi serta spekulasi aksi Eropa untuk mencegah penyebaran krisis utang Eropa.

Pada perdagangan Kamis (6/10/2011), IHSG diperkirakan akan berada pada support 3.247-3.269 dan resistance 3.316-3.338. Kenaikan kemarin telah membuat indikator teknikal sedikit naik, namun belum cukup kuat mengonfirmasi bullish tren.

Sentimen negatif masih beredar meskipun sudah mulai berkurang. Diharapkan aksi beli kembali berlanjut sehingga IHSG bisa kembali menguat. Apalagi bursa saham Eropa dan AS menghijau sehingga bisa mendukung penguatan lanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com