Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Newmont Tak Alokasikan Anggaran Khusus Keamanan

Kompas.com - 02/11/2011, 16:28 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

SUMBAWA BARAT, KOMPAS.com Manajemen PT Newmont Nusa Tenggara menyatakan, lokasi pertambangan Batu Hijau yang dikelolanya termasuk obyek vital negara. Namun, perusahaan itu mengklaim tidak memiliki anggaran khusus untuk pengamanan area pertambangan itu.

Kepala Komunikasi Korporat PT Newmont Nusa Tenggara Rubi Purnomo menyampaikan hal itu saat ditemui di kompleks pertambangan Batu Hijau PT Newmont Nusa Tenggara, Kabupaten Sumbawa Barat, Rabu (2/11/2011).

"Lokasi tambang Newmont bukan daerah konflik sehingga tidak perlu keamanan terus-menerus. Tidak ada penempatan tenaga keamanan dan polisi secara terus-menerus," kata Rubi.

Untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan, manajemen perusahaan itu menerapkan program pengembangan masyarakat setempat.

Rubi menegaskan, upaya menjaga keamanan yang paling bagus adalah bagaimana mengamankannya secara sosial. Berbagai masalah sosial biasanya timbul akibat terjadi ketimpangan sosial dan ekonomi.

Bila ada gangguan keamanan, lanjut Rubi, maka pihaknya mengandalkan pengamanan dari kepolisian daerah setempat. Hal itu juga hanya dilakukan saat kondisi keamanan dianggap mulai mengalami gangguan sehingga mengancam kelangsungan produksi perusahaan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com